Sejarah Komputer


Apa itu komputer?
Komputer adalah perangkat elektronik yang beroprasi di bawah kendali instruksi yang tersimpan dalam memorinya sendiri.

Perkembangan Komputer
>Komputer Generasi Pertama

ENIAC
EDVAC

Komputer yang termasuk generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Komputer ini dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika dengan University of Pennsylvania. ENIAC terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, daya yang digunakan untuk mengoperasikan komputer ini sangat besar yaitu 160 kW. Selain  ENIAC komputer generasi pertama lainnya yaitu EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer), komputer ini sudah dibekali sebuah memori untuk menampung program maupun data.

>Komputer Generasi Kedua

 IBM Stretch
 Larc
1401
Perbedaan yang terlihat pada komputer generasi kedua ini adalah ukurannya. Ukuran komputer generasi kedua ini berkurang drastis dari generasi pertama. Hal ini disebabkan oleh adanya penemuan transistor. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio dan komputer. Penemuan lain yang berupa pengembangan inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua menjadi lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.
Komputer yang termasuk generasi kedua adalah superkomputer yang dibuat IBM bernama Stretch, kemudian komputer buatan Sprery-Rand yaitu LARC, selain itu ada komputer 1401 yang di terima secara luas dikalangan industri pada masa itu. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada generasi kedua ini. Diantaranya adalah Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

>Komputer Generasi Ketiga


Komputer generasi ketiga diciptakan pada tahun 1964. Pada generasi ketiga ini, IC (sirkuit terpadu) digunakan sebagai komponen elektronik untuk komputer. Perkembangan IC melahirkan bidang baru mikroelektronika. Keuntungan utama dari IC tidak hanya ukurannya yang kecil namun kinerja yang unggul dan keandalan dari sirkuit sebelumnya. Ini pertama kali dikembangkan oleh T.S Kilby. Generasi komputer memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dan kecepatan perhitungan yang lebih tinggi.

>Komputer Generasi Keempat

Ini adalah generasi di mana kita bekerja hari ini. Komputer yang kita lihat di sekitar kita termasuk ke dalam komputer generasi keempat. 'Micropocessor' adalah konsep utama di balik generasi keempat ini.

Sebuah mikroprosesor adalah sebuah chip tunggal (LSI), yang digunakan dalam komputer untuk setiap fungsi aritmatika atau logis untuk dilakukan dalam program apapun. The honaur mengembangkan mikroprosesor, Ia mengembangkan mikro-prosesor pertama, Intel 4004, karena ia bekerja untuk Intel Corporation, USA dengan penggunaan mikroprosesor dalam komputer generasi keempat, ukuran komputer menjadi sangat cepat dan efisien. Jelaslah bahwa generasi berikutnya dari komputer yaitu generasi kelima akan dikembangkan segera. Dalam generasi itu, komputer akan memiliki kecerdasan buatan dan itu akan mampu mengambil keputusan sendiri seperti manusia.

You Might Also Like

0 comments